Senin, 29 Juni 2015

GIS IN PLANNING


GIS IN PLANNING

Sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) dan berbagai kepentingan selama data yang diolah memiliki referensi geografi, maksudnya data tersebut terdiri dari fenomena atau objek yang dapat disajikan dalam bentuk fisik serta memiliki lokasi keruangan.


  Ø  DATA SPASIAL
    Data spasial yang berhubungan dengan geometri bentuk keruangan dan data attribute yang memberikan informasi tentang bentuk keruangannya (Chang, 2002).
q  Model data vektor
Menampilkan, menempatkan, dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik-titik, garis-garis atau kurva, atau poligon beserta atribut-atributnya
q  Model data Raster
Menampilkan, dan menyimpan data spasial dengan menggunakan struktur matriks atau piksel – piksel yang membentuk grid


   Ø  DATA NON SPASIAL
   Data non spasial atau data atribut adalah data berbentuk tabel dimana tabel tersebut berisi informasi- informasi yang dimiliki oleh obyek dalam data spasial. Data tersebut berbentuk data tabular.


  
   v  FUNGSI GIS DALAM PERENCANAAN
  •           Analisis situasi pemodelan dan proyeksi
  •      Pengelolaan penggunaan lahan catatan;
  •        Pemetaan tematik;
  •        Perencanaan pemrosesan aplikasi;
  •        Bangunan kontrol pemrosesan aplikasi;
  •        Manajemen penggunaan lahan;
  •     Ketersediaan lahan dan pemantauan pembangunan; industri, komersial, dan retail lantai ruang rekaman;
  •        Perencanaan rekreasi dan fasilitas pedesaan;
  •        Analisis mengenai dampak lingkungan;
  •        Penggunaan lahan / transportasi perencanaan strategis



GIS dapat digunakan untuk mengevaluasi dampak pembangunan terhadap lingkungan untuk melihat apakah penyesuaian rencana diperlukan. GIS juga dapat digunakan dalam pemantauan dan pemrograman pengembangan lahan (Yeh 1990).


       v  KESIMPULAN :
       SIG merupakan program komputer yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan teknik perencanaan wilayah dan kota karena adanya keunggulan-keunggulan yang sudah dijelaskan dari data di atas. SIG dapat menyajikan suatu data dengan sangat jelas serta lengkap, dengan menggunakan SIG maka kita dapat melakukan presentasi dengan lebih baik karena sangat terbantu dengan fitur-fitur pengolahan dan penyajian data yang dimiliki oleh aplikasi SIG.
       SIG memungkinkan untuk membuat tampilan peta serta menggunakannya untuk keperluan presentasi khususnya dalam kajian Perencanaan Wilayah dan Kota. SIG memungkinkan untuk menggambarkan dan menganalisa informasi dengan cara pandang baru, dan kecenderungannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar