Senin, 16 Maret 2015

RESUME S.I.P Pertemuan Kedua

v  Sejarah Komputer
  • Komputer Generasi Pertama (1890)
         Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).
  • Komputer Generasi Kedua (1955-1960)
         Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian              mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Komputer dengan transistor            pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer            dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan              drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan              IBM 350 RAMAC.
  • Komputer Generasi Ketiga (1960)
         Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka                jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang          ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan                      transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal.
  • Komputer Generasi Kelima (1971-sekarang)
         Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari                                  beberapamicrochips untuk komponen CPU yang berbeda. Munculnya microprocessor          melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer          pribadi yang kita kenal sekarang ini.



v      Konsep ‘Real World’ pada GIS
   Data yang merepresentasikan dunia nyata (real world) dapat disimpan, dimanipulasi, diproses, dan direpresentasikan dalam bentuk yang lebih sederhana dengan layer-layer tematik yang direlasikan dengan lokasi-lokasi geografi di permukaan bumi. Hasilnya dipergunakan untuk pemecahan banyak masalah-masalah dunia nyata seperti dalam perencanaan dan pengambilan keputusan menyangkut data kebumian.

v  Format Data Spasial 
          1.    Data Vektor
Dalam data format vektor, bumi kita direpresentasikan sebagai suatu mosaik dari garis (arc/line), polygon (daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama), titik/point (node yang mempunyai label), dan nodes (merupakan titik perpotongan antara dua buah garis).
Model data vektor merupakan model data yang paling banyak digunakan, model ini berbasiskan pada titik (points) dengan nilai koordinat (x,y) untuk membangun obyek spasialnya. Obyek yang dibangun terbagi menjadi tiga bagian lagi yaitu berupa titik (point), garis (line), dan area (polygon).

  • ·         Titik (point)
         Titik merupakan representasi grafis yang paling sederhana pada suatu obyek. Titik tidak            mempunyai dimensi tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk simbol baik pada peta                  maupun dalam layar monitor. Contoh : Lokasi Fasilitasi Kesehatan, Lokasi Fasilitas              Kesehatan, dll.

  • ·         Garis (line)
         Garis merupakan bentuk linear yang menghubungkan dua atau lebih titik dan                              merepresentasikan obyek dalam satu dimensi. Contoh : Jalan, Sungai, dll.

  • ·         Area (Poligon)
         Poligon merupakan representasi obyek dalam dua dimensi.Contoh : Danau, Persil Tanah, dll.


v  Koordinat Lokasi Bumi (Longitude & Latitude)
   Latitude adalah garis yang horisontal / mendatar. Titik 0 adalah sudut ekuator, tanda (+) menunjukan arah ke atas menuju kutub utara, sedangkan tanda (-) di koordinat Latitude menuju ke kutub selatan.Titik yang digunakan adalah dari 0 ke 90 derajat ke arah kutub utara, dan 0 ke -90 derajat ke kutub selatan.

     Longitude adalah garis lintang. Angka dari sudut bundar bumi horisontal. Titik diawali dari 0 ke 180 derajat, dan 0 ke-180 ke arah sebaliknya. Titik 0 dimulai dari garis negara Inggris. Mengarah ke Indonesia akan menjadi angka positif. Kebalikan dengan latitude, koordinat Longitude minus adalah arah kebalikan.

v  Proyeksi Peta
        Beberapa istilah sederhana dalam proyeksi:
1. Meridian dan meridian utama.
2. Paralel dan paralel nol atau ekuator.
3. Bujur (longitude-j), Bujur Barat (0°–180°BB) dan Bujur Timur (0°–180°BT).
4. Lintang (latitude-l), Lintang Utara (0°–90°LU), dan Lintang Selatan 0°–90°LS).
  
  •        Proyeksi Zenithal (Azimuthal)
           Bidang proyeksi ini berupa bidang datar yang menyinggung bola pada kutub, ekuator                atau di sembarang tempat. Oleh karena itu, proyeksi ini dibedakan menjadi :

                         i.        Proyeksi azimuth normal, di mana bidang proyeksinya bersinggungan dengan kutub.
                                 ii.        Proyeksi azimuth transversal, bidang proyeksinya tegak lurus dengan ekuator.
                               iii.        Proyeksi azimuth oblique, bidang proyeksinya menyinggung salah satu tempat antara kutub dan ekuator.

(Contoh Proyeksi Azimuthal)

  •      Proyeksi Silinder

              Proyeksi ini menggunakan silinder sebagai bidang proyeksinya dan menyinggung bola Bumi. Jika proyeksi ini menyinggung wilayah khatulistiwa, maka garis paralel merupakan garis horizontal dan garis meridian. Beberapa keuntungan penggunaan proyeksi ini, yaitu dapat menggambarkan wilayah yang luas dan sesuai untuk menggambarkan wilayah khatulistiwa atau lintang rendah.
(Contoh Proyeksi Silinder)

  •     Proyeksi Kerucut

             Proyeksi ini paling tepat digunakan untuk memetakan daerah lintang 45° atau lintang             tengah.

(Contoh Proyeksi Silinder)

Secara garis besar, proyeksi ini dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1.  Proyeksi Kerucut Normal atau Standar
     Proyeksi ini menggunakan kerucut dengan garis singgung dengan bola Bumi                         terletak pada suatu paralel (paralel standar).
2.  Proyeksi Kerucut Transversal
     Pada proyeksi ini sumbu kerucut berada tegak lurus terhadap sumbu Bumi.
3.  Proyeksi Kerucut Oblique/Miring
     Pada proyeksi ini sumbu kerucut membentuk garis miring terhadap sumbu Bumi.


Sumber : http://attahiyat.blogspot.com/2013/03/macam-macam-proyeksi-peta.html
              http://obengplus.com/artikel/articles/161/1/Membaca-Koordinat-GPS-dengan-Latitude-dan-Longitude.html#.VQbIlY6Ueyo

1 komentar:

  1. Baccarat – Know the rules. - Wolverione
    Baccarat is a fast-paced and entertaining 메리트카지노총판 game. Players can learn a little more about the game. worrione To play the game, you 1xbet must first guess the “

    BalasHapus