Minggu, 01 Maret 2015

RESUME KULIAH PENGENALAN S.I.P

RESUME KULIAH
PENGENALAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Sistem informasi Geografis merupakan salahsatu sistem yang menekankan informasi pada geografis bumi. Informasi tersebut mengandung tentang tempat tempat yang berada di permukaan bumi, pengetahuan tentang letak suatu objek di permukaan bumi, dan informasi tentang keterangan-keterangan (atribut) yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya telah diketahui. SIG dapat memadu data geografis yang dapat digunakan sebagai sarana evaluasi potensi wilayah dan perencanaan spasial; sistem pengelolaan yang bereferensi geografis, yaitu untuk mengelola operasianal dan administrasi lokasi geografis; sebagai sistem pemetaan komputasi, yaitu sistem yang dapat menyajikan peta sesuai dengan kebutuhan.

Data dalam SIG terdiri atas dua jenis, yaitu data spasial dan data atribut. Data spasial merupakan data grafis yang mengidentifikasikan kenampakkan lokasi geografi berupa titik garis, dan poligon. Data spasial terdiri dari data vektor dan data raster. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

a. Data vektor = data yang digunakan dalam keperluan peta administratif, rancangan pembangunan jalan, dan sebagainya. Data vektor biasanya berupa titik, garis, ataupun area yang membentuk polygon. 
Contoh Data Vektor


b. Data raster = data yang diperoleh dari citra udara satelit. Data raster nantinya akan berupa gambaran permukaan bumi dalam bentuk warna kenampakan alam.


    Contoh Data Raster : Gunung Ciremai


Sedangkan data atribut merupakan data yang berupa penjeasan dari setiap fenomena yang terdapat di permukaan bumi dengan bentuk uraian kalimat maupun berupa angka. Contoh : kepadatan penduduk, jenis tanah, dsb. Macam-macam data atribut diantaranya adalah :
a.    data kuantitatif (angka-angka/statistik), contoh: jumlah penduduk
b.    data kualitatif (kualitas/mutu), contoh: tingkat kesuburan tanah


Sumber :
https://agnazgeograph.wordpress.com/2013/02/01/perbedaan-data-raster-dan-data-vektor/. Diunduh pada 26 Februari 2015, pukul 21.00
http://fastrans22.blogspot.com/2013/05/sig-jenis-jenis-data-sistem-informasi.html. Diunduh pada 26 Februari 2015, pukul 21.00


Tidak ada komentar:

Posting Komentar